VODKA

Sejarah, Bahan-Bahan, Proses Pembuatan, 

dan Jenis Jenis Vodka



Ialah minuman yang digolongkan kedalam Dry Spirit ini berasal dari Eropa Timur, nama Vodka berasal dari kata “Voda” (dibaca woda)  yang berarti air. Sejarah mencatat Vodka di produksi pertamakali di Russia akhir abad ke-9, tetapi Polandia juga meng klaim bahwa Vodka telah diproduksi awal abad ke-8 sebagai salah satu keperluan untuk kesehatan, tapi setelah di identifikasi bahawa Polandia memproduksi Vodka pada abad ke -11 dengan nama “gorzalka”.

Di abad ke-14 pemerintah Inggris untuk Moskow (Russia) menyatakan bahwa Vodka adalah minuman nasional Russia dan pada abad ke-16 di nyatakan juga bahwa Polandia dan Finlandia sebagai negara yang mempunyai minuman nasional yang sama yaitu Vodka”.

Vodka adalah minuman hasil distilasi dari bahan-bahan yang dapat menghasilkan gula dalam prosesnya tersebut, bisa terbuat dari grape, grain, kentang dan lain-lain. Vodka yang terkenal berasal dari bahan kentang dan grain.

vodka mempunyai karakter Color less, Taste less dan Odorless  karena dalam proses pembuatannya vodka tidak mengalami proses penyimpanan dalam oak untuk menghilangkan karakternya vodka melalui proses filterisasi dengan charcoal atau arang kayu, dalam proses pembuatannya mengalami lebih dari satu kali distilasi atau penyulingan

pengertian vodka

Vodka (bahasa Polandia: wódka; bahasa Rusia: во́дка; bahasa Ukraina: горілка, horilka; bahasa Belarus: гарэлка, harelka) adalah sejenis minuman beralkohol berkadar tinggi, bening, dan tidak berwarna, yang biasanya disuling dari gandum yang difermentasi. Banyak yang menduga bahwa kata Vodka merupakan turunan dari kata bahasa Slavia "voda" (woda, вода) yang berarti "air," meskipun banyak pendapat-pendapat lain.

BAHAN BAHAN PEMBUATAN VODKA

Pada umumnya vodka diproduksi dari

Vodka dapat diproduksi dari bahan nabati kaya pati (polisakarida) atau gula; sebagian besar vodka pada saat ini diproduksi dari serealia seperti sorgum, jagung, rye atau gandum. Di antaravodka yang berasal dari serealia, vodka rye dan gandum secara umum dianggap memiliki kualitas lebih baik. Beberapa vodka dibuat dari kentang, molasses, kedelai, anggur, beras, bit gula dan terkadang produk samping penjernihan minyak atau pemrosesan bubur kayu. Beberapa negara di sentral Eropa seperti Polandia vodka dapat diproduksi hanya dengan fermentasi larutan gula dan khamir.

Di Amerika Serikat, banyak vodlka dibuat dari etanol 95% yang diproduksi dalam jumlah besar oleh industri agrikultur besar. Pengemas akan membeli dalam jumlah besar, lalu disaring, diencerkan, didistribusi, dan dijual dengan berbagai merk vodka.

Cara pembuatan vodka secara umum



1.      langkah pertama

Dari jagung dan gandum kalian harus memilih salah satu bagian dasar tersebut.dari bahan yang dipilih harus bisa menjadi gula agar enghasilkan alcohol dan karbondioksida.

2.      Langkah kedua

Jagung atau kentang yang dipilih harus bahan yang mengandung pati yang berkadar gulang yang cukup untuk membuat vodka.

3.      Langkah ketiga

Kentang atau jagung tersebut dimasak pada suhu 66 derajat Celsius. Jika anda ingin memasak mengguanakan suhu yang kurang dari 66 derajat Celsius, kentang harus diparut dahulu sebelum dimasukkan kedalam air rebusan.

4.      Langkah keempat

Persiapkan wadah yang besar untuk melakukan proses fermentasi, biasanya proses fermentasi berlangsung selama 3 sampai 5 hari. Setelah itu dilakukan proses destilasi atau penyulingan. Proses penyulingan ini harus menggunakan alat penyulingan yang canggih dan modern.

 

Berikut ini beberapa contoh Vodka yang ada di pasaran :

ABSOLUT : Satu – satunya vodka asal Swedia yang mepunyai rekor penjualan tertinggi di dunia . termasuk tiga terbesar brand Spirits setelah Bacardi dan Smirnoff. Pangsa pasar tebesarnya masih Amerika, bahkan pada tahun 2003 nilai exportnya Absolut ke Amerika mencapai 73 Juta liter ! variasi pilihannya cukup banyak ; blue, vanilla, currant, pepper, mandarin, citron, juga Raspberry.

SKYY : vodka asli Amerika ini, atau tepatnya san Francisco, California, mungkin termasuk pendatang baru, pertama diluncurkan pada tahun 1991.Namun dalam sekejap menjadi begitu popular. Terinspirasi ketika mendapati vodka yang diminumnya terasa sangat kasar, maka Marice Kanbar, owner SKYY vodka melakukan riset dan penelitian…akhirnya diluncurkanlah SKYY Vodka, Empat kali distilasi dan tiga kali filtrasi.

ZUBROWSKA ; lain dari yang lain,vodka traditional ini mempunyai ciri khas yaitu Bison Grass ( Hierochloe odorata)didalamnya! Makanan kesukaan bison ini biasa tumbuh liar diPolandia sana. Tanaman ini mengandung Coumarin, dimana sering dijadikan flavoring agent untuk tobacco, makanan dan minuman.

FINLANDIA : Premium versi vodka ini diproduksi menggunakan barley pilihan dan pure Sring Water yang disaring dengan glacial Moraine rock, menilik dari namanya vodka ini diproduksi diFinlandia, di Korskonkova distillery pada tahun 1970. Pilihan yang ditawarkan : Lime, cranberry, grapefruit, juga mango.

RUSSIAN STANDARD : dengan kadar 40% abv, Russian Standard dibuat berdasarkan standard dari sang kaisar TZar, dengan memakai Wheat winter dari panenan terbaik plus air yang diambil dari lelehan salju yang murni.

STOLICHNAYA KRISTAL: Super premium Russian wheat vodka, dikeluarkan oleh crystal distillery, Moskow pada tahun 1989. Diluncurkan untuk menandingi munculnya super dooper vodka pada masanya.. kaya akan rasa, dengan balutan aroma wheat yang jelas.

GREY GOOSE : Pemenang World Spirits Champinship tahun 2001. Sebuah kerajinan tangan yang cantik, kombinasi grain, Rye, dan barley dari panenan terbaik dengan spring water asal Cognac. Dan disaring dengan limestone asal Champagne.

42 BELOW ; Dibuat dari Organic wheat yang tumbuh di centerbury, New Zealand.dan menggunakan spring water yang digali dari kedalaman 1000 Ft dibawah tanah.

KAUFFMAN ; Merek dagang dari Dr. Kauffman, pemilik terbesar pensupai Wine & spirit diRusia.. Dibuat dari wheat yang diseleksi ketat dan harus dari ahun panenan yang sama. Hanya memproduksi sebanyak 25000 botol tiap panenannya. Dan menyertakan nomor edisi terbatas.

Diva Vodka hanya diproduksi terbatas oleh Blackwood's Distilleries, karena memang harganya yang sangat mahal, yakni sekitar $450.000 atau sekitar Rp.4 miliar per botol. Meski hargany selangit, namun banyak juga peminatnya. Sebenarnya Diva vodka tak berbeda dengan produk vodka lainnya, yang membedakan hanyalah botolnya. Botol Diva Vodka terbuat dari kristl Swarovski dan berlian, sehingga ketika Vodka akan dituangkan, cairan Vodka akan tersaring oleh berlian itu. Itulah sebanya kenapa Diva memiliki harga selangit.


Beluga Vodka

Spoiler for "Beluga Vodka" Ini adalah merek Vodka eksklusif yang dijual di negara-negara selektif seperti Amerika Serikat dan Rusia. Vodka ini dibuat oleh Synergy JDS, perusahaan yang berbasis di Rusia.


Russky Lyod

Spoiler for "Russky Lyod" Ini adalah salah satu vodka Rusia terbaik dan terkuat. Rusia bangga akan produk vodka mereka ini. Menurut website-nya, minuman ini dimaksudkan untuk Rusia yang bangga akan negara dan keberhasilan mereka. Gambar pada botol vodka tersebut merupakan gambar kemenangan Rusia dalam perang melawan perintah Teutonian.


Red Star Vodka

Spoiler for "Red Star Vodka" Jika Anda tidak ingin membeli vodka mahal, Anda mungkin dapat mencoba Vodka Red Star Cina ini. Menggunakan air murni dari sumur artesis dan biji-bijian berkualitas tinggi yang dipilih secara cermat. Saya yakin akan mabuk dari minuman beralkohol 56% ini. Tetapi Anda haruslah tetap bijaksana, tidak mengemudi setelah meminum vodka ini.


Chopin Vodka

Spoiler for "Chopin Vodka" Dinamai setelah komposer Polandia yang terkenal., vodka ini pun tak kalah terkenal dan mewah. Vodka ini adalah vodka berbahan baku tunggal, 4 kali disuling dari kentang yang ditanam di wilayah Polandia Podlasie. Vodka ini dibuat oleh Siedlce-based Podlaska Wytwórnia Wódek Polmos. Chopin pertama kali diperkenalkan ke Amerika Utara pada tahun 1997. Produksi vodka ini sangatlah sedikit, karena membutuhkan 14 Kg kentang untuk 1 botol Chopin.


Belevedere Vodka

Spoiler for "Belevedere Vodka" Vodka ini adalah merek mewah yang dijual di seluruh dunia dan berasal dari Polandia. Selain itu, Belvedere membuat vodka yang diresapi dengan buah yang berbeda seperti jeruk. Ini diketahui dari rasanya yang halus, memiliki sedikit rasa tetapi sedikit membakar.


Stolichnaya Gold Vodka

Spoiler for "Stolichnaya Gold Vodka" Berasal dari Rusia lebih dari satu abad yang lalu, vodka ini disuling dari gandum dan disaring 4 kali. Pepsi memiliki minuman ini di Amerika Serikat setelah pecahnya Uni Soviet. Vodka ini dikenal sangat halus dan berasa bunga. Jika Anda ingin minum vodka yang akan terbakar di tenggorokan Anda, ini adalah salah satunya. Rasanya akan pergi cepat dengan sepotong lemon atau jeruk nipis.

Blavod Blavod mengambil nama dari dua kata: "Black" dan "Vodka", itulah kenapa ia dipanggil Blavod karena dia "Black" (hitam) dan dia "Vodka".

Chase Pada tahun 2010 vodka Chase ini diproduksi oleh Chase Distillery dan diumumkan sebagai vodka terbaik di dunia.

Hero of Chinggis Orang Eropa menyebut minuman ini dengan "air licik" karena efeknya. Vodka ini terbuat dari susu fermentasi, yang kemudian disuling. Meskipun minuman ini mengandung 38 persen alkohol, namun rasanya lebih seperti susu berlemak daripada minuman beralkohol. Hal ini menyebabkan minuman ini sering diminum tanpa makanan pengiring, sehingga Anda mabuk lebih cepat. Itulah sebabnya disebut "air licik".

O2 Sparkling Premium Vodka Minuman ini diproduksi oleh International Ltd Inggris Distillers Dan menjadi sangat terkenal di dunia karena kilaunya. Kira-kira kandungan oksigennya lebih besar dari kandungan alkoholnya gak ya?

Chambord Vodka ini diproduksi oleh Perusahaan Chambord Black Raspberry Liqueur. Vodka ini sangat terkenal akan rasa blackberry nya.


Share:

Post a Comment

Copyright © Brighter Insight. Designed by OddThemes