MATERI BOLA BESAR

Materi Sepak Bola, Bola Voli dan Bola Basket
Tugas Penjaskes



v  Soal
1.     Jelaskan pengertian permainan sepak bola, bola voli, bola basket
2.     Jelaskan sejaran sepak bola di cina, Jepang, Belanda, sejarah bolla voli dan bola baskeet
3.     Apa yang dimaksud  Offside, Hand ball , tendangan penalti dengan dalam permainan ?
4.     Tulis ukuran lapangan tingkat internasional
A.    Sepak bola
B.    Bola Voli
C.    Bola Basket
5.     Sebutkan induk organisasi sepak bola, bo a voli, bola basket tingkat internasionl

v  Jawaban

1.   A.   Sepak bola adalah cabang olahraga bola  besar  yang menggunakan bola yang terbua dari bahan       kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain       inti dan sebagian pemain cadangan. Masing Masing tim berusaha memasukan bola ke gawang          lawan. Tim yg memasukan bola paling banyak ke gawang awan adalah pemenang.

B.   Permainan bola voli merupakan permainan beregu bola besar yang memerlukan keterampilan dan kerja sama yang baik. Permainan bola voli dapat diartikan sebagai cara memainkan di udara secara efisien dan efektif dipindahkan ke daerah lawan melalui suatu hasil yang optimal. Teknik dasar permainan bola voli antara lain: passing bawah, passing atas, smash dan spike, servis, dan blocking.

  C.     Permainan bola basket (basket ball)adalah permainan yang dimainkan oleh dua regu putra maupun putri yang      masing-masing regu terdiri dari 5 orang pemain. Permainan ini bertujuan mencari nilai/angka sebanyak-banyaknya     dengan cara memasukkan bola ke keranjang basket lawan dan mencegah lawan untuk mendapatkan nilai. Dalam     memainkan bola pemain dapat mendorong bola, memukul bola dengan telapak tangan terbuka, melemparkan atau     menggiring bola ke segala penjuru dalam lapangan permainan.

   
2.     A.  Sejarah sepak bola
1.     Cina selain dikenal dengan seni beladiri Kung Fu ternyata menjadi tempat lahirnya olahraga sepak bola. Sejarah memang mencatat berbagai versi tentang munculnya permainan sepak bola ini. Sehingga hal ini masih menjadi perdebatan di kalangan masyarakat dunia. Tetapi FIFA yang merupakan badan asosiasi sepakbola dunia, telah secara resmi mencatat bahwa olahraga sepakbola berasal dari negeri daratan Cina. Pernyataan FIFA tersebut berdasarkan informasi dari catatan dokumen militer. Dokumen tersebut menyatakan pada masa pemerintahan Dinasti Tsin dan Han, sekitar tahun 206 SM terdapat sebuah permainan mirip sepak bola yang dikenal saat ini. Masyarakat Cina kala itu mengenal permainan itu dengan sebutan “tsu chu“. Tsu mempunyai  arti menendang  bola dengan kaki, sedangkan chu memiliki arti bola yang ada isinya dan terbuat dari kulit. Permainan sepak bola kala itu memakai bola yang dibuat dari kulit binatang. Permainan ini dilakukan dengan cara saling berebut bola dengan menggiring, menendang dan bersaing memasukan bola ke sebuah gawang yang terbuat dari jaring yang dibentangkan dengan dua tiang.

2.     Sepak bola diperkenalkan ke Jepang dari tahun 1900-an sampai awal 1940-an, Football Futoboru dari katakana, Asosiasi Sepakbola adalah katakana Assoshieshonfuttoboru Asosiasi Asosiasi katakana dan orang-orang seperti itu siapa yang membuat panggilan.


3.     Belanda adalah salah satu negara Eropa yang memiliki banyak klub dan timnas yang disegani oleh lawannya di percaturan sepak bola dunia. Banyaknya klub raksasa inilah yang menjadi bukti kalau olahraga ini sangat digemari oleh sebagian besar warga Belanda. Sepak Bola pertama kali diperkenalkan oleh Pim Mulier di abad ke 19. Pada tahun 1879, di usianya yang ke- 14, ia mendirikan Haarlemsche Football Club. Perkembangan yang sangat pesat segera tercipta sejak pertama kali diperkenalkan kembali.
Sepakbola mendapatkan popularitas di Belanda dan akhir tahun 1890-an dan awal 1900, mulailah muncul klub-klub baru yang terbentuk.  Amsterdamsche Football Club Ajax didirikan pada tahun 1900, klub Feyenoord Rotterdam berdiri pada tahun 1908 dan PSV Eindhoven pada tahun 1913. Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) didirikan pada tanggal 8 Desember 1889 dan bergabung dengan FIFA pada tahun 1904 sebagai salah satu anggota pendiri bersama Asosiasi Sepak Bola Perancis, Belgia, Denmark, Spanyol, Swedia, dan Swiss.
Profesional sepak bola diperkenalkan di Belanda pertama kali pada tahun 1954, dengan pembentukan  Asosiasi Sepak Bola Profesional Belanda  (Nederlandse Beroeps Voetbal Bond, atau NBVB). Permainan profesional pertama dimainkan pada tanggal 14 Agustus 1954, antara Alkmaar ’54 dan SC Venlo. KNVB telah membentuk  sepak bola profesional untuk waktu yang lama, tapi akhirnya tekanan dan keinginan untu bergabung dengan NBVB pada bulan November 1954 untuk membentuk asosiasi sepak bola baru. Level tertinggi dalam sepak bola Belanda yang sekarang dikenal sebagai Eredivisie (bahasa Inggris: Divisi Kehormatan). Tingkat kedua menjadi Eerste Divisie (Divisi Satu).
Di bawah ini yang dua divisi amatir: tingkat ketiga adalah Topklasse dan tingkat keempat Hoofdklasse. Para Topklasse telah diluncurkan pada tahun 2010, sebelum itu waktu untuk promosi atau degradasi dari Eerste Divisie itu tidak mungkin. Sepak Bola Belanda biasanya berpakaian orange. Mereka memenangkan Piala Eropa pada tahun 1988, dan telah berkompetisi di Piala Eropa dan Dunia. Mereka bnerhasil meloloskan diri sampai pada babak ke-4. Mereka berhasi lolos sampai babak ke-2 di tahun 1974, tahun 1978 dan tahun 2010. Mereka telah mencapai keberhasilan pada tahun 1974. Piala Dunia, Piala Dunia 1978, Euro 1988, Piala Dunia 2010.  Untuk membuat generasi sepak bola baru, akhirnya dibentuklah 2 buah kompetisi di negara tersebut. Kedua liga yang dibuat oleh federasi sepak bola tertinggi Belanda sngat diminati oleh klub-klub lokal. Timnas sepak bola Belanda sangat mudah dikenali karena julukan mirip dengan baju kesebelasan yang dikenakan oleh para pemainnya.  Mereka memenangkan Piala Eropa pada tahun 1988, dan telah berkompetisi di Piala Eropa dan Piala Dunia.  Mereka gagal di Final Piala Dunia pada tahun 1974,1978 dan 2010 dan ketiga dalam turnamen Euro UEFA 1976. Mereka telah mencapai final banyak (1974 Piala Dunia, Piala Dunia 1978, Euro 1988, Piala Dunia 2010) dan semi-final (Euro 1976, Piala Dunia 1998, Euro 2000, Euro 2004)

     B. Sejarah bola voli
1.       Permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1985. ia adlah seorang Pembina pendidikan jasmani pada Young Men Christian Association (YMCA di kota Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat. Nama permainan in semula disebut “Minonette” yang hamper serupa dengan permainan badminton. Jumlah pemain di sini tak terbatas sesuai dengan tujuan semula yakni untuk mengembangkan kesegaran jasmani para buruh di samping bersenam secara missal. William G. Morgan kemudian melanjutkan idenya untuk mengembangkan permainan tersebut agar mencapai cabang olahraga yang dipertandingkan. Nama permainan kemudian menjadi “volley ball yang artinya kurang lebih mem-volley bola berganti-ganti. Perkembangna permainan bola voli pada waktu itu di Amerika Serikat sangat cepat berkat usaha William G. Morgan. Tahun 1922 YMCA berhasil mengadakan kejuaraan nasional bola voli di Negara Amerika Serikat. Pada saat perang dunia I tentara-tenatra sekutu menyebarluaskan permainan ini ke Negara –negara Asia dan Eropa. Termasuk  Cina,kemudian perkembangan bola voli di china lebih di sebarluaskan oleh J. Howard Crocker di daratan china
2.      Selain di china, karena pengaruh perang dunia 1 perkembangan bola voli juga mencapai daratan jepang, perkembangan bola voli di jepang oleh Franklin H Brown pada tahun 1908, rakyat jepang mulai mengenal dan memainkan prmainan ini.
3.      Pada saat perang dunia 1 perkembangan bola voli juga tersebar ke daratan eropa trmasuk negeri belanda,
Hingga bola voli mulai ramai di kenal dan di mainkan oleh rakyat belanda oleh rakyat belanda. Nm



C.    Sejarah bola basket
1.     China
Basket dianggap sebagai olahraga unik karena diciptakan secara tidak sengaja oleh seorang guru olahraga. Pada tahun 1891, Dr. James Naismith, seorang guru Olahraga asal Kanada yang mengajar di sebuah perguruan tinggi untuk para siswa profesional di YMCA (sebuah wadah pemuda umat Kristen) diSpringfield,Massachusetts, harus membuat suatu permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswa pada masa liburan musim dingin di New England.Terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario,Naismith menciptakan permainan yang sekarang dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891. Menilik sejaarah bola basket sekalipun permainan ini populer di amerika , tapi sebenarnya telah dikenal oleh pedagang china sekitar tahn 1894, bola basket bahkan pada saat itu telah di mainkan oleh masyarakat di Tientsien sebelum akhirnya meluas ke daratan china. Dan kemudian pedagang pedagang china menyebarkan olah raga asal amerika ini ke berbagai negara
2.     Jepang
Setelah bola basket dikenal oleh pedagang china sekitar tahn 1894, Kemudia permainan bola basket di sebarkan melalui pedagang pedagang china ke daratan asia lain seperti jepang pada tahun 1900.
3.     Perkembangan bola basket dari kanada selain ke Amerika juga berkembang ke Eropa dan termasuk belanda. Karena permainan ini di lakukan di dalam ruangan jadi mudah untuk dimainkandi waktu tertentu,misalnya hujan, salju, dan lain lain karena itu permainan ini cepar berkembanng atau menyebar di daerah eropa


3.      Apa yang dimaksud  Offside, Hand ball , tendangan penalti dengan dalam permainan

Offside : Artinya pemain penyerang berada pada posisi lebih dekat ke gawang lawan dari pada pemain bertahan lawan sebelum bola diumpan oleh rekannya. Faktor yang dapat   menggagalkan pemain terkena offside walaupun berada pada daerah offside dengan tidak mengambil bola atau tidak aktif dan saat teman mengoper kita, berdirilah di luar lapangan jika kita berada di luar lapangan, kita dianggap tidak aktif ) dan masuk ke dalam lapangan mengejar bola

Hand ball   istilah dalam sepakbola saat  seorang pemain menyentuh bola dengan menggunakan tangan. Kecuali kiper, pemain lain tidak dibenarkan menyentuh bola dengan  tangan. Kiper pun dibatasi hanya boleh memegang bola dalam kotak penalti. Apabila itu  dilakukan, maka tim lawan akan mendapatkan tendangan bebas. Jika dilakukan di kotak penalty,  ganjarannya  tendangan penalti.

Tendangan penalti   Dalam sepak bola adalah tendangan yang dilakukan apabila salah satu pemain tim melakukan pelanggaran di dalam kotak wilayah penjaga gawang tim sendiri. Tendangan dilakukan dengan menendang bola dari titik yang telah di buat di tengah kotak dalam wilayah penjaga gawang, tanpa dijaga oleh pemain lawan (pagar betis), dengan jarak kira-kira 12 kaki dari garis gawang. Walaupun dilihat memiliki kemungkinan besar tendangan akan menghasilkan gol, namun sejarah menunjukkan adanya tendangan yang gagal, walaupun dilakukan oleh pemain bola terkenal. Umumnya tendangan dilakukan dengan menendang bola ke arah gawang dalam sekali gerakan, namum terdapat beberapa pengecualian dimana pemain yang melakukan tendangan penalti menendang bola ke arah temannya sendiri untuk kemudian ditendang ke arah gawang



4.     A.   Sepak bola

Berikut ini Ukuran Lapangan Sepakbola standar FIFA Internasional

Ukuran Lapangan Sepakbola Secara Keseluruhan :

Panjang lapangan sepakbola maksimum 120 meter
Panjang lapangan sepakbola minimum 90 meter
Lebar lapangan sepakbola maksimum 90 meter
Lebar lapangan sepakbola minimum 45 meter  
 Ukuran Lapangan Untuk Pertandingan Tingkat Internasional :
Panjang lapangan maksimum 110 meter
Panjang lapangan minimum 100 meter
Lebar lapangan maksimum 75 meter
Lebar lapangan minimum 64 meter
Ukuran Lingkaran Tengah Lapangan Sepakbola :
Lingkaran Tengah Merupakan awal dimulai atau sering disebut dengan kick off pertandingan Sepakbola. Lingkaran tengah ini mempunyai ukuran radius 9,15 meter.
Garis Tengah Lapangan Sepakbola :
Garis tengah lapangan sepakbola merupakan garis yang memisah lapangan menjadi dua. Ini digunakan untuk membagi wilayah dua tim, garis tengah ini diletakkan tepat di tengah lapangan.
Ukuran Kotak Pinalti Lapangan Sepakbola :
Daerah ini adalah daereh kekuasaan penjaga gawang, pada daerah ini Kiper lebih dilindungi jika ada benturan dengan kiper maka pemain lawan akan dianggap melakukan pelanggaran. 
Kotak Pinalti ini berbentuk persegi panjang, kotak pinalti mempunyai panjang 40 meter, lebar 16,5 meter. Jarak tendangan pinalty adalah 11 meter dari gawang yang disebut sebagai titik putih atau titik pinalti.
Ukuran Gawang dan Area Gawang Sepakbola :
Bentuk Gawang Sepakbola adalah persegi panjang dengan tinggi 2,4 meter dan lebar 7,3 meter. Sedangkan untuk area gawang adalah panjang 18,32 meter serta lebar 5,5 meter.
Ukuran Lapangan Sepakbola Standar FIFA. Ukuran Lapangan Sepakbola setiap negara kadang berbeda beda. Namun Ukurannya masih dalam skala yang sudah ditetapkan oleh FIFA.

B.   Bola Voli
                     ukuran lapangan bola voli standar internasional sesuai dengan ketetapan FIVB (Federation                      Internationale de Volleyball).

Ukuran Lapangan Bola Voli :

Standar,,Ukuranlapangan,,bola,,voli

Panjang,,lapangan                     :18meter
Lebar    lapangan                       :9meter
Lebar    garis,serang                  :3meter

Ukuran Net dan Tiang bola voli :
Lebar net bola voli         : 1 meter
Tinggi net untuk putra    : 2,43 meter
Tinggi net untuk putri     : 2,24 meter
 Tinggi antena pada net bola voli             : 0,8 centimete
Tinggi tiang net bola voli                         : 2,55 meter
 Jarak tiang net dengan garis samping lapangan bola voli : 0,5 – 1 meter
Pita tepian samping net               : 5 centimeter sepanjang 1 mete
Pita tepian atas net                     : 5 centimeter
Mata jala net                             : 10 centimeter

C.   Bola Basket
Gambar Ukuran Lapangan Bola Basket Internasional - Permainan bola basket merupakan permainan yang lumayan banyak digemari setelah sepak bola. Secara Praktek mungkin banyak orang dapat memainkan permainan bola basket dengan baik dan benar, namun secara teoritisnya perlu kita pelajari akan unsur unsur lapangan bolabasketsendiri.Banyak orang yang belum tahu ukuran lapangan bola basket secara utuh. Berikut ini akan kami uraikan ukuran lapangan, waktu dan jumlah pemain bola basket pada umumnya. So, langsung saja disimak informasi berikut ini.
      • Lapangan bola basket berbentuk persegi panjang dengan dua standar ukuran, yakni panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter untuk standar National Basketball Association dan panjang 26 meter dan lebar 14 meter untuk standar Federasi Bola Basket Internasional. Tiga buah lingkaran yang terdapat di dalam lapangan basket memiliki panjang jari-jari yaitu 1,80 meter.
      • Jumlah pemain dalam permainan bola basket adalah 5 orang dalam satu regu dengan cadangan 5 orang. Sedangkan jumlah wasit dalam permainan bola basket adalah 2 orang. Wasit 1 disebut Referee sedangkan wasit 2 disebut Umpire.
      • Waktu permainan 4 x 10 menit jika berpedoman dengan aturan Federasi Bola Basket Internasioanl. Versi National Basketball Association waktu bermain adalah 4 x 12 menit. Di antara babak 1, 2, 3, dan babak 4 terdapat waktu istirahat selama 10 menit. Bila terjadi skor yang sama pada akhir pertandingan harus diadakan perpanjangan waktu sampai terjadi selisih skor. Di antara dua babak tambahan terdapat waktu istirahat selama 2 menit. Waktu untuk lemparan ke dalam yaitu 5 detik.
      • Keliling bola yang digunakan dalam permainan bola basket adalah 75 cm - 78 cm. Sedangkan berat bola adalah 600 - 650 gram. Jika bola dijatuhkan dari ketinggian 1,80 meter pada lantai papan, maka bola harus kembali pada ketinggian antara 1,20 - 1,40 meter.
      • Panjang papan pantul bagian luar adalah 1,80 meter sedangkan lebar papan pantul bagian luar adalah 1,20 meter. Dan panjang papan pantul bagian dalam adalah 0,59 meter sedangkan lebar papan pantul bagian dalam adalah 0,45 meter.
      • Jarak lantai sampai ke papan pantul bagian bawah adalah 2,75 meter. Sementara jarak papan pantul bagian bawah sampai ke ring basket adalah 0,30 meter. Ring basket memiliki panjang yaitu 0,40 meter. Sedangkan jarak tiang penyangga sampai ke garis akhir adalah 1 meter.
      • Panjang garis tengah lingkaran pada lapangan basket adalah 1,80 meter dengan ukuran lebar garis yaitu 0,05 meter. Panjang garis akhir lingkaran daerah serang yaitu 6 meter. Sedangkan panjang garis tembakan hukuman yaitu 3,60 meter.

 

5.     A.   Sepak bola        : FIFA (Federatioan de Football Association)
  B.   Bola Voli            : FIVB (Federation Internationale de Volleyball)
  C.   Bola Basket       : FIBA (Federation Internationale de Basketball Amateur)



Share:

Post a Comment

Copyright © Brighter Insight. Designed by OddThemes