SEJARAH KERAJAAN MATARAM KUNO HINGGA MAJAPAHIT


Sejarah singkat kerajaan Mataram Kuno
hingga  Kerajaan Majapahit



1.    Kerajaan MataramKuno




Berdiri pada abad ke 8 di jawa tengah didirikan oleh raja sanjaya. Munculnya Kerajaan Mataram diterangkan dalam Carita Parahyangan. Kisahnya adalah dahulu ada sebuah kerajaan di Jawa Barat bernama Galuh. Rajanya bernama Sanna (Sena). Suatu ketika, ia diserang oleh saudaranya yang menghendaki takhta. Raja Sanna meninggal dalam peristiwa tersebut, sementara saudara perempuannya, Sannaha, bersama keluarga raja yang lainnya berhasil melarikan diri ke lereng Gunung Merapi. 
Anak Sannaha, Sanjaya, di kemudian hari mendirikan Kerajaan Mataram dengan ibu kota Medang ri Poh Pitu. Tepatnya pada tahun 717 M.
            Raja sanjaya dan keluarganya pada saat itu memuja siwa, brahma,dan  wisnu  dengan mendirikan lingga di bukit stirangga. Ketika raja sanjaya wafat digantikan oleh Rakai Penangkaran. Dan mendirikan wihara bagi umat buddha. Sesuai perintah dinasti syailendra. Dinasti syailendra menyerang wangsa sanjaya hingga melarikan diri ke dieng. dan memaksraja raki untuk mengubah keyaakinan dari hindu ke buddha.  Kemudian mataram di perintah  oleh rakai pikatan yang pada saat itu bersaing dengan dinasti syailedra.  Yng menganut agama buddha. Untuk mendapat kekuasaan pikatan melakukan pernikahan politik  dengan Pramodhawardhani (Putri Raja Samaratungga), dari dinasti Syailendra. Tetapi Pramodhawardhani  menolak menerima tahtanya dan memberikannya pada balaputeradewa.
Perangpun terjadi antara pakatan dan balaputradewa. Bala putradewa mengalami kekalahan dan melarikan diri kekerajaan sriwijaya sumatra. Dia sangant dihormati di sana, dan menjadi raja menggantikan kakeknya. Dan wilayah mataram kuno semakin luas setelah rakai pikatan menang. Pikatan kemudian mendirikan candi seperti  candi prambanan.
            Ketika mataram dilanda bencana, pusat kerajaan di pindah ke bagian timur.
Walaupun di pindah, balaputradewa tetap mengetahuinya dan menyerang mataram dengan bantuan kerajaan sriwijaya. Pada saat itu di kerajaan mataram yg berhasil lolos Cuma airlangga. Setelah itu airlangga membangun kembali kerajaan, mengganti nama menjadi kerajaan medang kemulan. Kerajaan tersebut diserahkan kepada kedua putranya dan membagi 2 kerajaan tersebut meenjadi kediri dan janggala agar tidak terjadi perang saudara antara kedua putranya.



2.    Kerajaan Kediri

    Pada saat kerajaan medang kemulan di bagi dua yaitu kediri dan janggala, terjadi perang. Merebut kekuasaan. Kerajaan kediri berhasil menguasai kerajaan jenggala. Dan raja kediri pada saat itu adalah jayawangsa setelah  jayawangsa yang memerintah adalah bameswara, dan jaya baya raja yng paling terkenal, jayabaya berhasil meredakan kekacauan dan menata kembali kerajaan. Raja yg terakhir di kediri adalah kertajaya. Pada masa pemerintahannya terjadi pertentangan antara raja dan kaum brahmana.

Pada saat itu ada sebuah desa bernama tumapel denganpemimpinya bernama tunggu ametung yng memiliki permainsuri yg sangat cantik bernama ken dedes.  Bawahan tunggul ametung yaitu ken arok ingin memperistri ken dedes. Kenarok membunuh tunggul ametung menggunakan keris empu gandring. Setelanh tunggul ametung trbunuh, ken arok menjadi penguasa tumapel dan mempristri ken dedes.
Kaum berahmana yang memiliki masalah dengan kertajaya (raja kediri) meminta bantuan dengan kenarok pnguasa tumapel untuk membantu brahmana. Kenarok bersedia membantu brahmana, karena memiliki kesempatan menjadi raja. Kenarok berhasil membunuh kertajaya dan menjadi raja, kenarok menyatukan kerajaan kedri dengan tumapen dan memberi nama kerajaan singasari



3.    Kerajaan Singasari

Ken arok menjadi pendiri sekaligus menjadi raja pertama singasari. Namun, masa pemerintahan ken arok Cuma berjalan 5 tahun karena ken arok di bunuh oleh anusapati, menggunakan keris empu gandring. Anusapati adalah anak dari  tunggul ametung dan ken dedes, anusapati mengetahui bahwa ken arok yang membunuh ayahnya. Anusapati selanjutnya menjadi raja singasari, selama 21 tahun berkuasa anuasapati beluam banyak membangun kerajaan.
Akan tetapi, tohjaya anak dari kenarong mpun mendengar berita bahwa yang membunuh ayahnya adalh anusapati. Maka tohjaya ingin balas dendam, tohjaya pun membunuh anusa pati menggunakan keris yng sama yaitu  keris empu gandring. Tohjaya akhirnTohjaya akhirnya menjadi raja singasari tapi Ronggowuni merasa lebih brhak akan tahtah tersebut, perang saudarapun tak terhindarkan. Dan  ronggowuni menjadi raja singasari. Setelah ronggowuni meninggal, kertanegara anak dari ronggowuni naik tahtah menjadi raja singasari

Kertanegara banyak menaklukan kerajaan kerajaan selama menjadi raja.  Kertanegara ingin bersaing dengan kerajaan terbesar di asia kubila khan dari china. Kertanegara mengirim ekspedisi pemalayu untuk bekerjasama dengan kerajaan sriwijaya. Kertanegara juga menjalin hubungan dengan kerajaan luarnegeri.
Kaisar khan mengirim utusan untuk memaksa kertanegara mengakui kehebatan khan, akan tetapi kertanegara menyiksa utusan tersebut dan menyuruh kembali ke china, kaisar sangat marah, dan berencana untuk membalah tindakan kertanegara.
Kertanegara banyak mengirim pasukaan keberbagai daerah akan tetapi di kerajaan lemah penjagaan. Kesempatan ini digunakan oleh jaya katwang raja kediri yang ingin menguasai singasari. Saat kertanegara lengah, jayakatwang menyerang singasari  dari berbagai arah.  Kertanegara mengirim pasukan yang dipimpinn oleh raden wijaya. Kertanegara berhasil dibunuh, tapi raden wijaya dan sebagian pasukan berhasil melarikan diri.

 

4.    Kerajaan Majapahit

Setelah kerajaan singsari jatuh, raden wijaya beserta sebagian pasuka yng melarikan diri membentuk sebuah kerajaan yang disebut dengan kerajaan majapahit, raden wijaya ingin melanjutka kembali kemegahan dari kerajaan singasari.  Nama majapahit diambil dari sebuah daerah hutan yang dijadikan tempat kerajaan terdapat buah “maja” yang rasanya “pahit”.
            Raden wijaya bersekutu dengan pasukan mongol untuk mengalahkan jayakatwang. Setelah jaya katwang kalah, raden wijaya berbaling menyerang pasukan mongol.
Setelah raden wijaya wafat, digantikan oleh jaya negara. Jaya negara dikenal dengan raja yng kurang bijak sanan dan suka bersenang senang.  Terjadilah pembrontakan oleh para bawahan kerajaan disebut pasukan kuti. Pasukan kuti berhasil mengambil alih kerajaan , dan jayanegara menyingkir ke sebuah desa dibawah lindungan pasukan bayangkara pimpinan gajah mada. Kemudian gajahmada mengambil alih kembali kerajaan.
Gajah Mada
           

 

Pada masa pemerintahan tribhuwanathunggadewi jayawisnuwerdani adalah pembentuk kemegahaan kerajaan . setelah tribhuwanathunggadewi jayawisnuwerdani berkuasa digantiakan oleh anaknya hayam wuru. Pada masa hayam wuruk, majapahit pada puncak kejayaan.  Wilayah majapahit sanagat, bahkan melebihi wilajah republik indonesia. Hal ini memang tidak dapat dilepaskan dari kegigihan gajah mada menaati sumpah palapanya








                                                                                                                                                                                                    
Share:

Post a Comment

Copyright © Brighter Insight. Designed by OddThemes